PendemoTuntut Keadilan Rasial di Amerika Dipukul Mundur Polisi

PendemoTuntut Keadilan Rasial di Amerika Dipukul Mundur Polisi

Washington DC, Sailacitra.com – Ratusan demonstran yang menuntut keadilan rasial di Amerika Serikat dipukul mundur pihak keamanan. Seperti dilansir AFP, Selasa (21/6) gelombang demonstrasi nasional yang menyerukan keadilan rasial telah melanda Amerika Serikat (AS) sejak kematian George Floyd pada 25 Mei.

Selain kasus itu, seorang pria kulit hitam berusia 46 tahun juga telah menjadi korban pembunuhan yang dilakukan seorang polisi kulit putih di Minneapolis, Minnesota.

Demo yang menuntut keaddilan rasial ini mencoba merobohkan patung presiden ketujuh Amerika Serikat di dekat Gedung Putih, Washington DC, Senin (22/6) malam. Polisi pun menghalangi mereka dengan semprotan merica.

Ratusan demonstran itu akhirnya dipukul mundur oleh setidaknya 100 personel pasukan keamanan, setelah mereka melemparkan tali di sekitar patung Andrew Jackson, presiden AS ketujuh, di Lafayette Park.

“Polisi menyerang kami. Mereka membawa hukum ke tangan mereka sendiri,” kata Raymond Spaine, seorang pria kulit hitam berusia 52 tahun yang ikut dalam aksi ini.

Awal bulan ini, polisi membubarkan aksi demonstrasi damai di taman yang sama, beberapa saat sebelum Presiden AS Donald Trump berjalan dari Gedung Putih untuk sesi foto di sebuah gereja bersejarah yang sempat terbakar di malam sebelumnya.

Trump telah memberikan instruksi kepada para pemimpin lokal untuk bertindak tegas pada para demonstran. Dia juga mengancam akan menerapkan Undang-Undang Pemberontakan yang jarang digunakan, yang akan memungkinkan pengerahan pasukan bersenjata.

sailacitra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *